Senin, 15 Oktober 2012

Pengertian SAE & API Service

SAE Merupakan  kode tingkat kekentalan oli yang sudah distandarkan secara  internasional. Contoh SAE 10w-40 API SM, angka10 & 40 menandakan tingkat kekentalan oli . Makin besar angkanya berarti semakin kental olinya. Huruf W singkatan dari "Winter", artinya oli tersebut memiliki angka kekentalan 10 pada suhu dingin, dan angka 40 pada suhu panas. Oli yang memiliki dua angka kekentalan disebut multigrade. Sedang yang satu angka disebut single grade. Saat ini oli single grade sudah mulai ditinggalkan.
API (American Petroleum Institute) menunjukkan  tingkat kualitas dari oli tersebut. API service yang beredar saat  ini untuk mesin bensin adalah SH sampai SM.  Sedangkan untuk mesin diesel CF , CH & CI. Sesuaikan API service dengan kebutuhan mesin kendaraan anda. Biasanya semakin tinggi nilai APInya, semakin mahal harga olinya.
Jika  spesifikasi kendaraan anda membutuhkan oli dengan API SJ, gunakan Oli ber-API SJ atau setingkat diatasnya yaitu SL atau SM agar mesin mendapatkan perlindungan  yang dibutuhkan. Ada dua tipe API berdasarkan  bahan bakarnya. API  S*, untuk mesin bensin (S=Spark-plug/busi), atau API C*untuk mesin diesel (C=Combustion/Commercial).
Bengkel Mobil Niti Wijaya Motor Pondok Gede Telp 08119910264,02194160169
Beberapa Oli memliki API service ganda, yang artimya dapat dipakai untuk mesin Bensin maupun Diesel. Contohnya Aral Bluetronic 10W-40 SJ/.CF , artimya memiliki API service SJ untuk mesin bensin dan API service CF untuk mesin Diesel.

4 komentar: